Rabu, 14 Agustus 2013

MEMBANGUN KARAKTER DENGAN PROGRAM PELATIHAN SELF EFFICASY

PROGRAM PELATIHAN SELF EFFICASY

Suatu program Soft Skill pemberdayaan Potensi diri untuk menumbuhkan karakter unggul dengan pendekatan Human Recource Empowerment and Innovation (HREI) yang menggabungkan berbagai teknik “psikologi transformasi” diantaranya Neuro Linguistics Programing (NLP), Neuro Associative Conditioning (NAC), Hypnotherapy atau terapi mental, Mind-Empowering, Psycho-Cybernetics, dan Emotional Spiritual Quotion (ESQ).


Program Students self efficacy (keyakinan diri pelajar) merupakan salah satu program baru di dunia pendidikan. Program ini belum banyak yang merilisnya, hanya sebagian kecil para pemerhati pendidikan yang mengupayakan hal ini. Pasalnya, program self efficacy ini belum banyak dikenal di dunia pendidikan namun hanya sebagian besar dilaksanakan di dunia olah raga, perusahaan dan bisnis dengan tujuan meningkatkan kualitas SDMnya dengan maksimal melalui sebuah program pelatihan yang menstimulasi potensi-potensi mental, sehingga melahirkan keyakinan baru bahwa dirinya mampu memanagemen untuk sukses mencapai berbagai target yang dicanangkan.  

Program ini memiliki ciri khas yang unik bila hanya dibandingkan dengan metode pengajaran pada instansi pendidikan, karena dalam prakteknya, program ini langsung MAMPU menuju sasaran yang diharapkan dalam perkembangan potensi pelajar. Hal ini berdasarkan pada salah satu tujuan pendidikan yaitu mengembangkan potensi anak didik, kecakapan hidup dan membekali skill dengan keterampilan. Namun dalam pelaksanaanya, tujuan itu hanya dilaksanakan dalam berbagai kurikulum baku yang hasilnya tidak menampakkan hasil signifikan pada pribadi pelajar. Terutama yang menyangkut esensi dari pendidikan itu sendiri yaitu memaksimalkan potensi, menumbuhkan kecerdasan alamiahnya dan berkarakter unggul di dalam pribadinya. Seperti umumnya di sekolah SMK, siswa hanya terampil dalam bidang jurusan saja tetapi dalam masalah sikap hidup (kepribadian : Moral dan Kecakapan hidup) masih perlu dibenahi.

Nah, program students self efficasy merupakan program pemberdayaan diri didesain khusus untuk memanajemen potensi pelajar secara langsung. Hal ini mungkin untuk sebagian orang yang mengenal pelatihan out bound bisa disamakan dengan pelatihan seperti itu atau sejenisnya, namun banyak perbedaan dalam prakteknya, karena program ini jauh-jauh lebih mendasar menukik ke dasar esensi potensi manusia secara langsung. 

Program ini memberikan pengetahuan tentang potensi dan bagaimana cara memberdayakannya secara maksimal dengan cara-cara revolusioner dan modern. Hasil dari program ini potensi-potensi yang sudah ada di dalam diri pelajar (yang sudah diyakini keberadaannya) akan mampu diarahkan dengan PENINGKATAN drastis pada kinerja di bidang apapun, termasuk untuk percepatan peningkatan hasil pendidikan dan prestasi belajar.

Program ini bisa dibilang “terobosan” yang akan menggeser pemahaman bahwa perubahan diri menuju kualitas bagus TIDAK harus lama melainkan sangat mungkin dipercepat dengan cara MEMAHAMI mekanismenya yang benar serta terus dilatih dengan cara yang benar pula melalui berbagai teknik pengajaran yang aplikatif seputar DUNIA PIKIRAN DAN POTENSI, kemudian diberikan teknik pengelolaanya dengan benar maka akan sangat membantu memunculkan citra diri optimis yang akan mengkristalkan pada suatu pola KEYAKINAN bahwa dirinya mampu melaksanakan peningkatan kualitas diri yang lebih baik.  

Program pelatihan ini akan segera diselenggarakan untuk dunia pendidikan dalam waktu dekat, karena secara umum selama ini pengembangan SDM di sekolah-sekolah hanya dengan pendekatan psikologi biasa dan pelatihan keterampilan fisik (hard skill). Namun dalam HREI, yang dikembangkan BUKANLAH keterampilan atau keahlian fisiknya melainkan keterampilan dan keahlian mentalnya (soft skill). Dengan kata lain, HREI membentuk sumber daya manusia DARI DALAM DIRI MANUSIA itu sendiri, potensi-potensi yang ada di dalam diri DIBANGUNKAN agar mampu digunakan semaksimal mungkin untuk berbagai manfaat. 

MANFAAT UTAMA DARI PROGRAM PELATIHAN INI IALAH SISWA AKAN MEMILIKI KARAKTER DAN SIKAP UNGGULAN YANG DIBUTUHKAN DALAM DUNIA PENDIDIKAN SEKARANG INI HANYA DALAM WAKTU RELATIF SINGKAT

Dan, jika pelajar sudah memiliki karakter-karakter unggulan maka pelajar akan merasakan manfaatnya sendiri sebagai berikut :
  • Kemajuan hasil belajar atau berprestasi
  • Optimisme tumbuh secara alamiah
  • Mencapai target-target impian yang direncanakan
  • Moral lebih terarah sesuai nilai-nilai agama dan pancasila
  • Masa depan cerah 
  • Dll..
Nah, jika seperti itu bagaimana teknik pelatihan ini akan digelar dan apa saja kurikulumnya, teknik pelaksanaanya, komponen dari metodenya, maka silahkan anda membacanya DISINI !

Demikian
Terimakasih

By : Ahmad Fatahillah
MOTIVATOR DAN TRAINER PEMBERDAYAAN POTENSI DIRI PELAJAR SE INDONESIA

0 comments:

Posting Komentar

Tuangkan kritik dan saran Anda di sini !

Popular Posts