Sabtu, 10 Agustus 2013

Pendidikan berkarakter hanyalah OMONG KOSONG !



sumber gambar : beritakendari.com
Pendidikan berkarakter di Negara kita hanyalah pembohongan public, betapa tidak setiap hari diberbagai jenjang pendidikan yang mendengungkan pendidikan berkarakter kurang memiliki karakter sendiri.
Tidak hanya itu, bahkan ada yang jauh lebih parah lagi, para pemerintah Negara ini yang seharusnya mendukung esensi pendidikan berkarakter justru mereka tidak berkarakter, hal ini dibuktikan dengan :


  1. 158 kepala daerah tersangkut korupsi sepanjang tahun 2004-2011
  2. 42 anggota DPR terseret korupsi pada kurun waktu 2008-2011
  3. 30 anggota DPR periode 1999-2004 terlibat kasus suap pemelihan DGS BI
  4. Kasus korupsi terjadi di berbagai lembaga seperti KPU, KY, KPPU,ditjen pajak, BI, dan BKPM.

(sumber : Litbang Kompas)

Semua ini karena intisari karakter tidak benar-benar diterapkan di dalam kepribadiannya, jadi bagaimana bisa hal itu diterapkan ke peserta didik? Ini hanya isapan jempol belaka. Omong kosong…
Ini artinya orang-orang yang ingin mengeterapkan pendidikan berkarakter kepada peserta didik itu sendiri tidak ahli berkarakter, seorang yang tidak ahli bagaimana bisa ia mengajari orang lain???
Apabila kita ingin berhasil menerapkan pendidikan berkarakter maka sudah seharusnya kita terlebih dahulu menjadikan diri kita (guru, orang tua, pemerhati pendidikan dan semua lapisan masyarakat) ahli berkarakter unggul atau minimal memiliki karakter yang bisa dirasakan manfaatnya di masyarakat.

Di lain sisi, hakikat pendidikan berkarakter adalah PENDIDIKAN TELADAN, tidak cukup diajarkan dengan mulut saja akan tetapi dibuktikan dengan real di kehidupan sehari-hari oleh yang mengajarkannya dengan sikap dan pemikiran yang positif dan penuh membangun. Dari sini akan diharapkan keberhasilan melaksanakan pendidikan berkarakter di negri kita tidak hanya isapan jempol melainkan menjadi NYATA.

Salam segalanya buat anda.
Dari yang penuh harap


Ahmad Fatahillah

0 comments:

Posting Komentar

Tuangkan kritik dan saran Anda di sini !

Popular Posts